Dongeng Interaktif

DM2Di penghujung tahun 2012 lalu (30/12/12), Dongeng Minggu kembali hadir untuk berbagi cerita bersama kawan-kawan kecil di Palsigunung. Kali ini, saya agak kesulitan dalam mempersiapkan cerita yang akan dibawakan. Tema sudah disepakati,  yaitu Dongeng Negeri Kayu Hutan. Namun ternyata, waktu untuk mempersiapkan bahan-bahannya sangatlah kurang.

Awalnya, saya sudah mempersiapkan konsep finger puppet untuk dongeng kali ini. Menyiapkan ‘panggung’ sederhana dan lakon yang saya buat dengan kertas bergambar. Tapi ternyata, semua peralatan belum juga selesai  saat waktu pertunjukkan tiba.

Sampai akhirnya, Kak Arnellis, kawan saya mengusulkan untuk mengajak kawan-kawan kecil ikut berpartisipasi dalam mendongeng. Hmm.. ini akan jadi dongeng yang sangat menarik!

Dengan bantuan sebuah white board, saya mulai bercerita.  Saya meminta salah seorang kawan DM yang berani untuk menggambarkan pohon-pohon selayaknya di hutan. Dilanjutkan dengan membuat sebuah istana atau kastil. Pada awalnya, mereka enggan untuk berpartisipasi. Hanya sesekali melemparkan seloroh melihat gambar saya yang jauh dari kata bagus. Hehe..

Tapi untunglah, satu persatu mereka mulai berani untuk maju dan memperlihatkan karya mereka di depan teman-temannya.  Dongeng ini tidak hanya melibatkan mereka untuk berani tampil di depan teman-teman tapi juga untuk berani menyuarakan pendapat mereka. Apa saja menurut mereka yang bisa ditemui dalam hutan.

Seperti halnya ketika saya mengajak mereka untuk memilih nama tokoh Raja dan Ratu. Saya meminta mereka untuk menyumbangkan nama-nama kayu yang mereka ketahui  untuk dijadikan tokoh dalam dongeng. Akhirnya, ditemukanlah nama-nama tokoh dongeng ini. Ada Raja Damar, Ratu Meranti, Panglima Jati, Patih Mahoni, dan sederet pasukan Cemara.

Sebuah dongeng tak lengkap rasanya tanpa tokoh antagonisnya. Maka kami memutuskan untuk membuat satu tokoh jahat, si Pembalak Liar. Nah, untuk detail dongeng nya seperti apa, kamu bisa intip di sini!

Seperti biasa, selesai mendongeng, ada kegiatan membuat prakarya. Kali ini, Kak Arnellis mengajak kawan-kawan DM untuk membuat sebuah payung harapan yang berbahan dasar sumpit bekas dan juga kertas warna warni.

Mereka dibebaskan untuk berkreasi dengan payung-payung hasil buatan mereka dan menuliskan harapan-harapan mereka di 2013. Hmm..seru! Ada yang ingin naik kelas, ada yang ingin masuk SMP unggulan, ada juga yang ingin tambah tinggi lho!

Seperti biasa, sebelum pulang kawan-kawan kecil mendapatkan ‘oleh-oleh’ asyik dari Kak Anisa. Selamat menyambut tahun baru 2013, teman-teman! 😀

*PS: untuk melihat foto kegiatan, bisa langsung cek di fabpage Dongeng Minggu di sini!

 

Advertisements

One thought on “Dongeng Interaktif

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s